Menyambut Bulan Suci Ramadhan, RS.PUR mengumpulkan 26 Kantong Darah

Rabu, 16 Mei 2018 RS.Pertamedika Ummi Rosnati mengadakan kegiatan donor darah. Kegiatan ini merupakan wujud perhatian karyawan Rumah Sakit terhadap agenda sosial dalam rangka mencukupi kebutuhan darah di UTD PMI Kota Banda Aceh.

Kegiatan ini tidak hanya diikuti dari karyawan RS.PUR, akan terapi diikuti oleh pengunjung RS. Hari rabu yg merupakan hari meugang ini merupakan momentum yang tepat dalam mendukung kesiapan stok darah UTD PMI, mengingat dibulan Ramadhan kebutuhan darah sering alami kekurangan stok, dikarenakan turunnya minat donor darah saat berpuasa.

Alhamdulillah, dalam pelaksanaannya terkumpul 26 kantung darah dari 44 pendaftar donor.

Perubahan Alur Layanan Administrasi Poliklinik RS. Pertamedika Ummi Rosnati

Setelah melalui proses revisi dan persiapan dalam layanan administrasi, pada hari senin 9 April 2018 RS. Pertamedika Ummi Rosnati telah menjalankan proses layanan administrasi “One Stop Service“. Perubahan alur layanan ini diharapkan dapat merubah kualitas layanan yang selama ini membagi dua proses layanan.

Pada tahap awal pasien akan melalui pendaftaran administrasi identitas, dan pada tahap selanjutnya pasien melewati tahap legalisasi dan pencetakan jaminan. Proses pendaftaran ini kemudian di persingkat menjadi satu tempat layanan. Pasien di pagi hari bisa mengakses kartu antrian secara komputerisasi yang mulai dibuka sejak pukul 07.00, dan kemudian pendaftaran akan dibuka pada pukul 07.45 WIB.

Dari hasil pemantauan terhadap layanan, setiap pasien menghabiskan 5-10 menit waktu sejak mengambil nomor antrian menunggu hingga didaftarkan dan dicetak jaminannya bagi peserta asuransi JKN-KIS dan lainnya, sehingga proses layanan poliklinik dapat dilaksanakan lebih awal oleh dokter spesialis. Proses pendaftaran yang di jalankan oleh 4 (empat) orang petugas ini, yang sebelumnya hanya berjumlah 2 orang, diharapkan dapat memberi perubahan positif dalam alur layanan di RS. Pertamedika Ummi Rosnati.

 

 

 

MoU signing Ceremony RS. Pertamedika Ummi Rosnati Banda Aceh dan Institut Jantung Negara Malaysia

Pada hari Sabtu 24 Maret 2018, Rumah Sakit Pertamedika Ummi Rosnati bertempat di Hotel Kyriad Muraya Banda Aceh, telah dilaksanakan penandatangan Nota Kesepahaman (MoU) antara Rumah Sakit Pertamedika Ummi Rosnati (RSPUR) dan Institut Jantung Negara (IJN) Malaysia. Nota kesepahaman tersebut ditandatangani langsung oleh CEO (Chief Executive Officer) dari Institut Jantung Negara Malaysi Dato’ Seri Dr. Mohd Azhari Yakub dan dr. Rahmad, MARS selaku Direktur RS. Pertamedika Ummi Rosnati, serta ditandatangani untuk diketahui oleh Ir. R. Agung Efriyo Hadi, M.Sc., Ph.D sebagai Board of Comissaris PT. Rosnati, dan dr. Kamelia Faisal, MARS sebagai Direktur Operasional & Transformasi Pertamedika IHC (Indonesian Healthcare Coorporation). Sedangkan turut menjadi saksi Bapak walikota Aminullah Usman, SE, DR. (HC) H. Rusli Bintang selaku Founder Yayasan Abulyatama Aceh

 

Pertamedika Ummi Rosnati (RSPUR) Banda Aceh merupakan Rumah Sakit pertama yang telah bekerjasama dengan Institut Jantung Negara di Pulau Sumatera. Hal ini disampaikan oleh Bapak Ir. R. Agung Efriyo Hadi, M.Sc., Ph.D. Dalam kesempatan yang sama beliau menyampaikan bahwa Penandatangan Nota Kesepahaman (MoU) ini diharapkan bisa menjadi sarana transfer ilmu pengetahuan antar institusi, mengingat IJN adalah Rumah Sakit yang berpengalaman 25 tahun dalam pengelolaan masalah penyakit jantung, serta telah memilki standar JCI (Joint Commission International) yang telah diakui internasional. Hal ini sejalan dengan salah sati visi Rumah Sakit Pertamedika Ummi Rosnati kedepan yang akan menjadi Rumah Sakit Pendidikan Kedokteran Universitas Abulyatama Aceh.

“Nota kesepahaman ini juga menindaklanjuti upaya Rumah Sakit Pertamedika Ummi Rosnati (RSPUR) dalam perluasan kerjasama peningkatan layanan, yang sebelumnya ditandai dengan pembukaan Cardiac Gymnastic Center sejak pertengahan 2017. Kegiatan yang didukung penuh oleh PT. Pertamedika IHC selaku operator holding company rumah sakit-rumah sakit yang berada di lingkungan BUMN (Badan Usaha Milik Negara) diharapkan dapat memberikan dampak positif dalam upaya pelayanan rumah sakit bagi pasien-pasien paska operasi Jantung, khususnya masyarakat Aceh” Ujar dr. Kamelia Faisal, MARS dalam sambutannya. Beliau juga menyampaikan bahwa Rumah Sakit Pertamedika Ummi Rosnati sebagai salah satu representatif pelayanan medis Paripurna dari Pertamedika IHC harus melakukan inovasi dalam layanan, dan optimalisasi layanan kesehatan.

Acara penandatanganan Nota Kesepahaman ini diselingi acara santunan anak yatim oleh Bapak DR (HC) H. Rusli Bintang yang didampingi oleh Walikota Banda Aceh, Bapak Aminullah Usman, SE. , serta Bapak Lukman, M. Kes mewakili bupati Aceh Besar, serta Letkol CKM drg. Susanto. Dan di akhir acara dr. M. Ridwan, MApplSc, Sp. JP-FIHA (K) & dr. Yopie Afriandi, Sp. BTKV ikut menyampaikan presentasi bagaimana perkembangan penyakit jantung di Aceh, dan program layanan rehabilitasi jantung di Rumah Sakit Pertamedika Ummi Rosnati.

 

Peserta JKN-KIS Sudah Bisa Hemodialisa di RS.PUR

Saat ini pelayanan hemodialisa RS. Pertamedika Ummi Rosnati sudah dapat diakses oleh peserta JKN-KIS terhitung 16 Januari 2018. Dalam kesempatannya, Direktur RS. PUR menyampaikan bahwa Unit Layanan Hemodialisa (HD) RS. PUR telah mengantongi izin dari Dinas Kesehatan Kota Banda Aceh, & Pernefri sejak awal November 2017.

Kemudian untuk memenuhi akses layanan bagi peserta JKN-KIS, BPJS Kesehatan telah melakukan kredensial terhadap Unit Layanan Hemodialisa RS. PUR. Sehingga pada pertengahan Januari 2018 Rumah Sakit telah mendapatkan berita acara untuk kelayakan penagihan layanan Hemodialisa bagi peserta JKN-KIS.

Gambar 1 Suasana Hemodialisa Pertama bersama Pihak Penyedia Alat

Koordinator Unit Hemodialisa, dr. Noor Jannah menyampaikan, bahwa dalam menunjang operasional Hemodialisa, seluruh staf HD RS.PUR telah dibekali pelatihan HD terstandar, dengan penanggung Jawab Unit HD RS.PUR DR. dr. Maimun Syukri, Sp. PD, KGH-FINASIM serta ditunjang dengan alat Hemodialisa yang digunakan oleh RS. PUR adalah alat canggih dari pabrikan Jerman yang sudah teruji kualitasnya.

Unit HD RS. PUR sendiri memiliki 4 Bed Hemodialisa, sehingga Rumah Sakit mampu melayani pasien 8 orang Hemodialisa setiap harinya dalam 2 (dua) shift. Sampai saat ini masih cukup tersedia bed bagi pasien yang membutuhkan hemodialisa di RS.PUR, sehingga kita bisa mengakomodir kebutuhan hemodialisa bagi peserta JKN-KIS, pasien Non-Asuransi, dan peserta asuransi layanan kesehatan diluar JKN-KIS.

Gambar 2. Suasana Ruang Hemodialisa RS. PUR

 

Lebih lanjut dr. Noor Jannah menyampaikan, bagi yang ingin mendapatkan info lebih lanjut dapat menghubungi PIC (Person In Charge) Hemodialisa RS. PUR ; Merry Mauliza (0852-0780-1483).

RS. PERTAMEDIKA UMMI ROSNATI MERAIH AKREDITASI PARIPURNA

Pada tanggal 7 januari 2018 RS. PUR telah meraih hasil akreditasi paripurna. Hasil yang dapat diakses di www.kars.or.id ini merupakan hasil jerih payah dan kerjasama yang solid dari Tim dan seluruh unit layanan di RS. Pertamedika Ummi Rosnati. Upaya pencapaian akreditasi ini telah dilakukan sejak operasional Rumah Sakit berjalan di awal tahun 2016.

Banyak agenda upaya pencapaian “Bintang 5” yang telah dilakukan oleh Rumah Sakit, antara lain melakukan penataan standar prosedur operasional, menerbitkan kebijakan yang mengedepankan patient centre & safety care, mengakomodir pelatihan karyawan di dalam dan luar daerah dengan standar nasional, serta berbagai macam upaya lainnya.

Persiapan dengan komite akreditasi Rumah Sakit dimulai pada pertengahan April 2017, RS.PUR telah mengundang dr. Sugeng Ristanto, MARS untuk melakukan bimbingan pra-survei selama 3 hari. Hingga pada awal November 2017 Rumah sakit telah melakukan survei simulasi yang dihadiri dr. M. Aminullah, Sp. KJ, MM selaku ketua Tim Survei Simulasi, drg. Yudi Sugiarto, MARS, Sp. Orth, M.HKes, dan Ns. Kartini Padang, S. Kep. MM. Setelah melakukan koreksi pada saat survei simulasi selama 3 hari berturut-turut, RS.PUR terus melakukan penataan dan pembenahan terhadap mutu dan kualitas layanan terhadap pasien, serta standar-standar dalam optimalisasi layanan.

Hingga pada 13-15 Desember 2017 RS.PUR menetapkan jadwal untuk siap diuji. Survei akreditasi yang saat itu dihadiri oleh dr. Lina Julianti, Sp. M. PhD, dr. Ekorini Listiowati, M.MR, dan Ns. Lannasari, M.Kes. Direktur RS. Pertamedika Ummi Rosnati, dr. Rahmad, MARS menyampaikan bahwa akreditasi ini diharapkan dapat menjadi budaya kerja yang akan terus menerus berjalan, sehingga kita siap kapan pun untuk memberi layanan yang terbaik.

Senada yang disampaikan Bapak Direktur RS. PUR. R. Agung Efriyo, PhD selaku dewan pengawas RS. PUR juga menyampaikan “kita akan terus men-support  segala kebutuhan Rumah Sakit terkait kualitas dan mutu layanan RS. PUR, baik itu dari sisi infrastruktur, alat kesehatan, dan SDM Rumah sakit agar terus dapat menjaga pelayanan dengan berpusat pada kebutuhan pasien dan keselamatan pasien.  Harapannya agar RS Pertamedika Ummi Rosnati dapat hadir dalam konsep dan model layanan yang dibanggakan dan mendapat tempat di hati masyarakat Aceh khususnya Banda Aceh sesuai dengan motto RSPUR yaitu “Melayani Dengan Hati Sehat Milik Bersama dan We Care and We Cure

Laporan Indikator Mutu RS. Pertamedika Ummi Rosnati

Sepanjang operasional tahun 2017, RS. Pertamedika Ummi Rosnati telah melakukan kajian terkait mutu layanan Rumah Sakit. Indikator mutu ini nantinya akan menjadi dasar pengembangan dan perbaikan layanan Rumah Sakit.

Berikut indikator mutu Rumah Sakit yang di publikasikan, agak masyarakat bisa mendapat gambaran mengenai layanan Rumah Sakit.

  1. Indikator Mutu Kepuasan Layanan Rawat Inap

 

   2. Indikator Mutu Kepatuhan Site Marking Pada Tindakan Bedah

 

3. Indikator Mutu Kesesuaian Diagnosa Medis Pre Operasi dan Post Operasi Pasien 

 

     4. Indikator Mutu Waktu Tunggu Hasil Pemeriksaan Foto Thorak Untuk Pasien Rawat Inap

 

          5. Indikator Mutu Waktu Tunggu Hasil Laboratorium

Laporan Kinerja Operasional Rumah Sakit

Setelah 2 (dua) tahun berjalan, RS. Pertamedika Ummi Rosnati telah melakukan kajian terhadap kinerja operasional yang mengalami peningkatan hingga dua kali lipat di tahun operasional 2017.

Rata-rata kunjungan pasien perbulan IGD di tahun 2016 mencapai 584 pasien/bulan, kini di tahun 2017 telah mencapai 1223 pasien/bulan.

KUNJUNGAN IGD TAHUN 2016-2017

KUNJUNGAN POLIKLINIK 2016-2017

Poliklinik mencatatkan kunjungan 1001 pasien perbulan ditahun 2016, di tahun 2017 saat ini sudah mencapai 2789 pasien/bulan.

KUNJUNGAN RAWAT INAP 2016-2017

Sedangkan di rawat inap tahun 2016 angka rawat inap pasien 521 pasien/bulan, di tahun 2017 sudah mencapai 946 pasien/bulan.

 

Kondisi ini menjadikan rumah sakit harus berupaya lebih keras untuk menjaga proses layanan, agak tidak terjadi “sevice breakdown“, ujar Direktur RS. Pertamedika Ummi Rosnati, dr. Rahmad, MARS

5 Tim Lolos Audisi Dance Hand Hygiene Sesion I

Untuk memeriahkan HUT RS Pertamedika Ummi Rosnati yang ke-2 pada tangggal 28 September 2017, serangkaian acara akan dilakukan oleh seluruh karyawan di RSPUR. Termasuk Dance Hand Hygiene Session I (DHH) yang diikuti oleh 9 kelompok. Yang masing2 mewakili dari setiap unit, 9 kelompok ini nantinya bakal  di seleksi lagi menjadi 5 kelompok untuk tampil pada HUT RSPUR.

 

 

Penampilan Salah Satu Kontestan DDH I RS. PUR

 

Dance Hand Hygiene ini bertujuan untuk membudayakan cuci tangan dengan enam langkah yang diiringi musik serta gerakan. Pada pembukaan audisi DHH ini di hadiri oleh Bapak Wadir SDM, Umum dan Keuangan Drs. Roestamadji. Beliau berharap dengan ada nya dance hand hygine ini seluruh peserta bisa mengimplementasikan cuci tangan ini di kehidupan sehari dan diharapkan agar teman-teman yg lain juga tertular untuk mengimplementasikan secara langsung di kegiatan sehari hari di pelayanan.

Setelah seleksi dan penilaian ketat dari Dewan Juri, akhirnya di putuskan ada 5 Tim yang lolos babak Final di hari Sabtu, 30 September 2017. Tim-tim ini akan bersaing dengan ketat untuk menunjukkan eksistensi dan kepedulian mereka terhadap pencegahan infeksi Rumah Sakit serta memenangkan hadiah yang telah disiapkan manajemen dan pemilik Rumah Sakit.

  1. Unit Kamar Operasi
  2. Unit VK
  3. Unit Rawat Inap Kelas 2
  4. Unit Rawat Inap Kelas 1
  5. Unit Adm Medis

Ayooo Semangat…!

 

Bertepatan dengan HUT Ke 2, RS Pertamedika Ummi Rosnati Soft Launching Layanan Cuci Darah

Ir. R. Agung efriyo hadi, P.h.D dan  DR. dr. Maimun Syukri SpPD KGH melakukan pengguntingan pita soft launching unit HD RSPUR

Ir. R. Agung efriyo hadi, P.h.D dan DR. dr. Maimun Syukri SpPD KGH melakukan pengguntingan pita soft launching unit HD RSPUR

 

Banda Aceh, 28/09/2017- Bertepatan dengan operasionalnya di tahun ke 2, RS Pertamedika Ummi Rosnati (RSPUR) melaksanakan soft launching fasilitas layanan cuci darah atau dikenal dengan Hemodialisa (HD).

Seremoni Soft Launching ini dihadiri perwakilan Dinkes kota Banda Aceh, Puskesmas Baiturrahman, serta Dekan Fakultas kedokteran Unsyiah.

Dalam sambutannya dr Rahmad mengatakan bahwa penyediaan pelayanan HD ini adalah sebagai upaya untuk memenuhi kebutuhan pelayanan kesehatan. Dalam hal mengelola dampak antisipasi dari melimpahnya pasien, salah satunya kita wujudkan melalui penyediaan fasilitas cuci darah (hemodialisa) ini.”

dr. Rahmad melanjutkan, segala persyaratan sudah dilengkapi, soft launching ini hanya sebagai informasi saja kepada publik, untuk pelayanan kita hanya menunggu izin dari dinkes setempat saja.

Dalam acara yang sama, DR. dr. Maimun Syukri SpPD KGH, selaku dekan Unsyiah menyorot tentang perlunya pelayanan HD untuk pasien, mengingat banyaknya kebutuhan masyarakat.

“Kita berharap layanan HD oleh Rumah Sakit swasta ini, disupport oleh segala stake holder. Karena pada dasarnya adanya layanan HD oleh Rumah Sakit swasta ini sudah sangat membantu pemerintah dalam menangani pasien khususnya penyakit ginjal yang membutuhkan layanan HD”. Ujar dokter konsultan ginjal hipertensi pertama di Aceh ini.

Dalam waktu yang sama pula, pihak Dinkes yang diwakili dr. Yulida menyebutkan, pada prinsipnya izin ini hanya menunggu paraf dari tim dinas provinsi. Sementara persyaratan lainnya dapat dilengkapi sambil berjalan.

Layanan Hemodialisa yang dimiliki terdiri atas 4 unit mesin Hemodialisa type terbaru yang ditujukan untuk membantu menjaga keseimbangan cairan dan elektrolit, juga membantu mengeluarkan zat-zat sisa atau zat yang bersifat racun dari dalam tubuh. Meskipun baru tersedia 4 unit, diharapkan tahun kedepan dapat bertambah menjadi 8 unit, sehingga mampu memenuhi kebutuhan masyarakat yang memerlukan pelayanan kesehatan ini.

Rumah sakit ini bekerjasama dengan layanan BPJS/ JKN dan KIS, oleh karenanya pasien peserta asuransi kesehatan pemerintah yang membutuhkan pelayanan fasilitas Hemodialisa ini akan dapat di layani, tentunya setelah izin dari dinkes telah dikeluarkan.

Acara dilanjutkan dengan pemberian santunan kepada anak yatim, pemotongan tumpeng, serta pemotongan pita sebagai bentuk siapnya unit layanan HD.

28 September 2017, HUT RSPUR Yang Ke-2

Alhamdulillah, Rumah Sakit Pertamedika Ummi Rosnati sudah berjalan 2 tahun. Ulang tahun ini di peringati sejak SK (Surat Keputusan) Operasional Rumah Sakit diterbitkan, yaitu tanggal 28 September 2015. Meskipun Surat Keputusan operasional Rumah Sakit sudah terbit akan tetapi RS. PUR belum di tahap pelayanan pasien, akan tetapi persiapan SDM dan teknis operasional lainnya telah disiapkan oleh para pimpinan Rumah Sakit beserta pemilik dengan maksimal.

Setelah dinilai siap menerima pasien, baru deh, per tanggal 22 Desember 2015 RSPUR melakukan Soft Launching Pelayanan. Ditahun yang ke-2 ini RSPUR mencatatkan kunjungan 19.400 pasien selama beroperasi, kerjasama dengan pihak BPJS kesehatan, kerjasama dengan pihak asuransi swasta lainnya, piala prestasi olahraga, serta penghargaan Marketing dari MarkPlus.Inc.

Dalam agenda tahunan RS. PUR ini, manajemen Rumah Sakit & Pemilik telah menyiapkan beberapa acara internal maupun eksternal ;

  1. Dance Hand Hygine antar Unit Layanan
  2. Pembagian Paket Buah dan Bunga
  3. Pemilihan Karyawan Terbaik
  4. Baksos Sunatan
  5. Soft Launching Unit Hemodialisa
  6. Manajemen Turun Lapangan
  7. Senam Sehat RSPUR
  8. Pemilihan Employee Of The Year
  9. Gotong Royong Gampoeng
  10. Penyuluhan Gigi dan Mulut
  11. Bakti Sosial Gedung Asrama YPAC Banda Aceh