Anda Peserta Mandiri JKN-KIS, Daftarkanlah Janin Dalam Kandungan Anda

Bagi para peserta mandiri JKN-KIS (Non-PBI) atau peserta yang sedang mengandung anak ke-4 dari peserta PNS, POLRI, TNI atau PPU (Pekerja Penerima Upah), sangat dianjurkan mendaftarkan janin (bayi) dalam kandungan setelah ditemukan tanda kehidupan. Tanda kehidupan ini dapat ditentukan setelah dilakukan pemeriksaan janin dan kandungan oleh dokter ahli kebidanan di Rumah Sakit atau Praktek Swasta.

 

Contoh Surat Keterangan Kondisi Janin

Rumah Sakit atau Praktek Swasta yang memiliki dokter ahli kebidanan nantinya akan mengeluarkan surat keterangan yang menjadi syarat pendaftaran janin dalam kandungan.
Hal ini dapat mempermudah proses penjaminan bayi saat bersalin kelak, karena kondisi janin tidak bisa diprediksi akan seperti apa. Ada kondisi dimana bayi baru lahir bisa saja mengalami distress pernafasan yang akan membutuhkan penggunaan non-mekanikal ventilasi (C-PAP) hingga ventilator untuk membantu pernafasan bayi.
Kalau kondisi ini terjadi, dapat dipastikan tagihan dan biaya perawatan bayi membengkak dan akan lebih mahal dari perawatan bayi biasa. Sedangkan bagi peserta mandiri yang baru mau mengurus penjaminan bayi setelah melahirkan harus menunggu 14 (hari) untuk kartu JKN-KIS aktif. Hal ini tentu akan memberatkan bagi peserta JKN-KIS yang belum mendaftarkan janin dalam kandungan sebelumnya.

Pendafataran janin dalam kandungan terbagi dalam 2 (dua) tahap :

1. Tahap pendaftaran
Berikut persyaratan berkas pada saat mendaftar, & proses pendaftaran dapat dilakukan di kantor BPJS terdekat di wilayah anda.

Persyaratan pendaftaran janin dalam kandungan

Setelah melakukan proses pendaftaran keluarga akan mendapatkan virtual account pembayaran, sebaiknya dokumen virtual account dan e-id yang diadapatkan selain disimpan didalam dompet juga diabadikan (foto) di ponsel agar mempermudah proses jika terjadi kehilangan data.

 

 

Gambar 2. Sisi kanan adalah virtual account pembayaran, dan sisi kiri adalah e-id yang akan didapatkan peserta

2. Tahap Konfirmasi & Pembayaran

Tahap Konfirmasi & pembayaran ini berupa konfirmasi ulang pada saat bayi dilahirkan untuk pengaktifan virtual account dan pembayaran, sehingga bayi dapat dijamin dengan JKN-KIS.

 

Sumber :

  1. http://www.bpjs-kis.info/2015/09/pendaftaran-bayi-dalam-kandungan-bpjs-kesehatan.html