Tanya

Selamat pagi dok, saya seorang laki-laki berumur 35 tahun dan sudah didiagnosa oleh dokter tahun lalu mengalami hepatitis, apakah saya bisa disembuhkan? & Beberapa bulan yang lalu sudah menikah, apakah hepatitis bisa menular ke pasangan dan anak saya?

Jawab

Terimakasih untuk pertanyaannya bapak, hepatitis adalah penyakit infeksi pada organ hati yang diakibatkan oleh infeksi virus. Kondisi infeksi hepatitis bisa terbagi 2 kategori ; akut dan kronis. Pada kasus bapak perlu kita pelajari kembali apakan bapak terkena infeksi virus hepatitis terkategori akut atau kronis dan perlu kita ketahui juga virus penyebab infeksi. Apakah hepatitis A, B, C, atau jenis lain dari hepatitis.

Jika bapak mengalami penyakit hepatitis A, maka bisa dipastikan bapak sembuh dengan total karena infeksi hepatitis A bersifat self limiting disease, dan tentunya kondisi ini tidak akan menular ke pasangan atau anak anda kelak . Akan tetapi jika bapak mengalami jenis lain dari hepatitis selain hepatitis A maka bapak perlu memeriksakan fungsi hati dan pemeriksaan lainnya untuk mengetahui kondisi kuman hepatitis bapak, apakah reaktif atau tidak. Seperti SGOT, SGPT, HbSAg, HCV DNA, dll.

Jika dalam pemeriksaan ditemukan masalah dari hasil pemeriksaan, bapak akan mendapat terapi & saran berikutnya dari dokter yang anda konsultasikan untuk mencegah penularan penyakit hepatitis ke pasangan dan atau anak anda kelak. Dan jika hasil yang disebutkan dikategorikan normal, maka kami menganjurkan anda untuk melakukan vaksinasi hepatitis B untuk mencegah penularan infeksi virus hepatitis B.

Salam Sehat RSPUR,

dr. Edy Cahyadi, Sp. PD

Dokter Spesialis Penyakit Dalam RSPUR