Rumah Sakit Pertamedika Ummi Rosnati atau biasa disingkat serta dikenal dengan RSPUR merupakan Rumah Sakit umum swasta Tipe C milik Universitas Abulyatama. Letaknya yang strategis, yaitu berlokasi di Jalan Sekolah No.5 Desa Labui Gampoeng Ateuk Pahlawan Kecamatan Baiturrahman Banda Aceh, memberikan kemudahan tersendiri bagi masyarakat yang membutuhkan pelayanan kesehatan karena berada di pusat kota Banda Aceh.

Bekerjasama dengan Pertamina Bina Medika (Pertamedika) yang kini menjadi bagian dari Indonesia Healthcare Corporation (IHC), penerapan manajemen pelayanan rumah sakit dilakukan secara terkomputerisasi dengan sistem IT /SIM-RS sehingga database pasien dapat terekam dengan baik, dan dapat menunjang pelaksanaan terapi yang tepat kepada pasien. Selain itu pengembangan bisnis rumah sakit telah disusun dalam strategi pengembangan yang dipersiapkan dalam jangka waktu lima tahun kedepan.

Pelayanan kesehatan yang diperuntukkan bagi masyarakat telah dimulai pada akhir Desember 2015, sejak diterbitkannya Izin tetap penyelenggara Rumah Sakit Pertamedika Ummi Rosnati nomor 417 Tahun 2015 oleh Pemerintah kota Banda Aceh. Saat awal operasionalnya, pelayanan yang tersedia adalah unit rawat jalan (poliklinik spesialis), unit gawat darurat (UGD), unit rawat inap, instalasi ruang operasi, ruang bersalin, fasilitas penunjang diagnostik (instalasi laboratorium dan instalasi radiologi), instalasi farmasi, instalasi kamar jenazah. Sementara fasilitas lain yang tersedia adalah radiologi, dan USG 4 Dimensi.

Seiring dengan berkembang pesatnya RSPUR, yang sebelumnya hanya memiliki 120 tempat tidur, kini telah bertambah menjadi 172 tempat tidur. Begitupun dengan penambahan fasilitas canggih lainnya seperti CT SCAN 128 Slice dan Hemodialisa. Selanjutnya dipertengahan tahun 2017 selain menambah fasilitas ESWL (Extracorporeal Shock Wave Lithotripsy) dan ruang rehab jantung yang bekerjasama dengan Institut Jantung bertaraf internasional, RSPUR juga akan melaksanakan peningkatan kapasitas pembangunan yang nantinya akan turut menambah kamar rawatan yang tadinya hanya VIP, kelas I, II dan III menjadi sweet room dan VVIP.

Sebagai IHC member yang merupakan rumah sakit rujukan BUMN, RSPUR akan terus berupaya secara profesional dan seoptimal mungkin dalam melayani masyarakat, tentunya dengan tarif pelayanan yang telah dipertimbangkan dan dirasa tepat untuk masyarakat aceh. RSPUR juga berusaha untuk tetap memberikan pelayanan prima baik secara promotif, preventif, kuratif dan rehabilitatif serta bersifat komprehensif untuk berbagai disiplin ilmu terkait dengan peningkatan derajat kesehatan masyarakat. Pelayanan yang akan bertaraf internasional dan mampu memenuhi kebutuhan konsumen serta menjawab persaingan global merupakan motivasi yang utama dalam operasional rumah sakit.

VISI, MISI, TUJUAN DAN MOTTO RUMAH SAKIT

Visi

Rumah Sakit berwawasan Islami dengan pelayanan prima, pusat

pendidikan berkualitas dalam membangun generasi khairu ummah.

Misi

  1. Melaksanakan dan mengembangkan pelayanan kesehatan dengan profesional dan komprehensif berdasarkan nilai-nilai islami baik rawat jalan maupun rawat inap.
  2. Menjalankan pelayanan kesehatan dijiwai dengan semangat ” melayani dengan hati, sehat milik bersama dan pelayanan prima ”.
  3. Melaksanakan pelayanan kesehatan yang professional dengan berpegang pada etika rumah sakit dan etika kedokteran serta menjunjung tinggi nilai-nilai yang Islami.
  4. Melaksanakan penelitian dan pendidikan kedokteran, keperawatan dan bidang kesehatan lainnya secara berkesinambungan untuk peningkatan pelayanan prima di bidang kesehatan secara profesional.
  5. Mengembangkan sarana dan prasarana Rumah Sakit sesuai dengan perkembangan dan tuntutan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi.
  6. Mengembangkan manajemen rumah sakit yang profesional yang mampu mengantisipasi dinamika perubahan masyarakat, perkembangan rumah sakit, perkembangan IPTEK, dan tuntutan pelayanan dan pendidikan kesehatan secara profesional.
  7. Melaksanakan pengabdian pada masyarakat baik promotif, preventif, kuratif, maupun rehabilitatif, melalui pelayanan rumah sakit dan pelayanan kesehatan yang professional dan handal di masyarakat.

TUJUAN

  1. Menjadi Rumah Sakit rujukan bagi layanan kesehatan dan rumah sakit swasta di Provinsi Aceh, melalui terjalinnya hubungan dan kerjasama yang intensif dengan masyarakat dan rumah sakit lainnya.
  2. Terbentuknya tenaga profesional dan handal yang istiqomah dalam pelayanan rumah sakit, pendidikan dan penelitian dan dakwah dengan semangat Raufur Rahim (santun dan kasih sayang).
  3. Terselenggaranya pelayanan kesehatan yang bernuansa islami dengan menjunjung tinggi nilai kemanusiaan melalui penerapan etika rumah sakit dan etika kedokteran.
  4. Menjadi Rumah Sakit Pendidikan yang terakreditasi tahun 2025.
  5. Terselenggaranya proses pembelajaran di bidang kesehatan secara profesional, baik pengetahuan,ketrampilan dan prilaku yang Islami.

Core Value :

La PRIMA : Layanan yang Profesional, Ramah, Ikhlas, Ber Mutu dan Antusias.

Core Believes :

  • Customer Focus : Mengutamakan Kepuasan Pelanggan
  • Good Corporate Governance ( GCG ) :
    • TARIF :
      • The spirit of Transparancy
      • The needs of Accountable
      • Sense of Responsibility
      • The power of Integrity
      • Lead of Fairness
  • Capability : Organisasi yang kuat dengan Team Building yang solid dan kompeten
  • Human Capital : Sebagai basis pembangunan keunggulan daya saing.

Motto

Melayani dengan hati, Sehat milik bersama & We Care and We Cure

Melayani dengan hati, Sehat milik bersama.

Tujuannya :

  1. Terselenggaranya pelayanan kesehatan yang bernuansa islami dengan menjunjung tinggi nilai kemanusiaan melalui penerapan etika rumah sakit dan etika kedokteran.
  2. Terbentuknya tenaga profesional dan handal yang istiqomah dalam pelayanan rumah sakit, pendidikan dan penelitian dan dakwah dengan semangat Raufur Rahim (santun dan kasih sayang).
  3. Menjadi Rumah Sakit rujukan bagi layanan kesehatan dan rumah sakit swasta di Provinsi Aceh, terjalinnya hubungan dan kerjasama yang intensif dan baik dengan masyarakat dan rumah sakit lainnya.

We Care and We Cure

Tujuannya :

  1. Menciptakan profit dan benefit tanpa mengabaikan faktor sosial.
  2. Memberikan layanan kesehatan yang berorientasi kepada kepuasan pelanggan.
  3. Menciptakan nilai tambah agar dapat tumbuh dan berkembang
  4. Secara berkesinambungan meningkatkan profesionalisme.